Thursday, June 14, 2007

Polymer Clay

Buat yang lagi nyari-nyari info tentang polymer clay, semoga bisa membantu....

Polymer clay adalah clay buatan manusia yang terbuat dari synthetic polymer ( polyvinyl chloride/PVC). didalamnya terkandung cairan pengenyal (liquid plasticiser ) untuk membuatnya tetap kenyal.

Berbeda dengan clay tanah yang harus dibakar dengan api ataupun paper clay (air dry clay) yang mesti diangin-angin , polymer clay harus di oven untuk mengikat chemicalnya sehingga menjadi keras. Biasanya dengan panas rendah tergantung merknya.

Yang unik lagi polymer clay gak hanya punya warna-warna merah ijo kuning biru tapi juga silver, granite, glow in the dark, juga translucent, yang cair juga ada lho..

Ada beberapa merk yang ngetop diantaranya Fimo, Sculpey, dan Premo. Ada juga merk Kato Polyclay, dengan harga yang sama ama clay yang dah aku sebut tadi, tapi dapetnya 29 gr lebih banyak. Merk laen, Ozzle buatan Australia.. , tapi aku belom pernah pakek. kak..kakk..

Selaen aman buat anak-anak, clay ini sangat mudah dibentuk .. miniature buah-buahan, bakery, daging, ikan... gantungan kunci, magnet fridge... tokoh cartoon, hiasan rumah, kartu ucapan...jewellery, bahkan bisa dibikin animasi, tentunya dengan melibatkan benda yang ada didepan kita ini (baca:computer)... ya lah... tergantung imaginasi lha...

Dimana belinya ? Untuk di Australia bisa dibeli di toko-toko craft. Di Riot Art and Craft ada juga tuh, klo Lincraft aku gak yakin. Di Melbourne aku beli di craft shop di daerah Chapel Street Prahran selaen itu ada juga yang online di Over the rainbow (Melboune),Clay Princess (Sydney)

Sekarang tinggal nentuin project apa yang mo dibikin ???

11 comments:

Hany Von Gillern said...

Rit, Jepang sama Thailand juga punya produk polymer clay katanya yang aku baca dari artikel di koran online dan beberapa blok teman-teman. Habis jalan-jalan dari blokmu terus ke tempat Tias dan Estha, aku jadi kangen bikin clay lagi, dah ada di angan-angan yang pengen dibikin nih, tinggal nyari waktunya. Emang bener kalo rame-rame gini jadi bisa bangkitkan semangat.

Rita Sella said...

setuju !!! klo ada temennya kayak gini biar pun berjaohan.. jadinya semangat lagi ya Han...

eh di Indonesia brand polymer clay apa ya... kali aza ada alternatif yang agak miring harganya dg kualitas yang sama heheheh...

aku adalah said...

Mbak Apakabar..?? he..he.he..mau dibantuin apa nih ? wah mau lembur ngerjain clay ya ..mumpung weekend..ditunggu ya posting foto hasil lembur..:)

Hany Von Gillern said...

Rita coba cek ini : www.Hanycraft.com

Hany Von Gillern said...

Tapi itu bukan Hany aku lo

Anonymous said...

hello jadi mampir karena kata kunci 'clay' ni hehe salam kenal. saya dapat clay made in japan, di toko alat lukis, lower ground plaza semanggi jakarta. juga di toko...hmm toko apa ya namanya, sticth and craft kalo ga salah, di blok m plaza dan juga plaza semanggi lantai 2, jual jg dengan volume yang lebih besar. btw saya baru aja maen2 clay ni. saya mau tanya mbak kalo untuk meng-oven nya, itu secara teknis apakah bisa oven yang bakar diatas kompor? kalo pake itu berapa lama ya? karena anak kos ni...

Rita Sella said...

to Hanny : Han... aku da intip link kamu... keren... bangga eh jd org indo xixix....


To Leo: Hallow Leo thanks ya dah mampir di blog ini.. maksud kamu oven kotak yang ditangkringin di atas kompor itu kan ? aku seh blom pernah bakar clay pakek oven itu... tapi rasanya gak ada masalah kan ? asal oven hehee...asal perhatiin aza suhunya... kita gak mo kan dah susah-susah bikin eh... pas di oven gosong...take care...

Hany Von Gillern said...

Rita.....this is Hany's husband writing to you for Hany. She received your package and I opened it for her while I was on the phone with her. She is in Indonesia at this time. I posted a comment to you for her on your site but it never appeared there. Hany appreciates your package very much. She cannot wait to return home to see the contents of your package.Hany says that she will send you a similar package from here in New Hampshire when she returns to the USA at the end of August.
On behalf of Hany Von Gillern,
Sincerely,
Bill Von Gillern

Rita Sella said...

To Bill : Hi... Bill thanks for keeping me inform. The Lady in post office was so generous by decorating the envelope with so many stamps hahah... in fact she could just put big amount of the stamps, rather than small amount and spread all over the envelop . I like her idea though.(^_^). Her manager were staring at her, I think he murmured,"Come on you have lot other jobs to be done" hahaha...

Unknown said...

Beli sculpey dan fimo di semarang dimana.thx

Anonymous said...

Beli polymer clay di Jakarta di mana ya? Hehehe.